Posyandu Emas Stunting

Klegen.desa.id – Posyandu Emas adalah Posyandu yang dilaksanakan secara khusus oleh Desa Klegen sebagai Lokus Stunting Kecamatan Comal. Kegiatan Posyandu Emas terdiri dari beberapa sesi, yaitu Sesi Pengukuran Tinggi Badan (TB) dan Berat Badan (BB) Balita Stunting, Sesi Pemberian Materi oleh Ahli Gizi dan Sanitasi dari Puskesmas Sarwodadi, Sesi Pemberian Makanan Tambahan bagi Balita Stunting.

Stunting menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia) adalah gangguan tumbuh kembang yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Beberapa ciri-ciri balita Stunting yaitu pertumbuhan tinggi badan, berat badan, dan gizi yang belum mencapai ideal menurut usia.

Desa Klegen menjadi lokus stunting karena terdapat 46 balita dengan kriteria tersebut ditemukan oleh kader Posyandu di Desa Klegen. Bulan Maret adalah bulan kedua dilaksanakannya Posyandu Emas Kelompok Stunting, 11 dari 46 balita dinyatakan lulus dan tidak perlu mengikuti kegiatan Poyandu Stunting bulan selanjutnya. Hal ini sebagai bukti keseriusan Pemerintah Desa Klegen dalam menanggulangi stunting, dibantu oleh kader dan masyarakat yang saling mengingatkan bahwa balita mereka adalah generasi masa depan yang sehat dan cerdas.

Kegiatan Posyandu Emas Desa Klegen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.